MAKANAN PENDERITA KOLESTEROL

penurun kolesterol

Para penikmat makanan berlemak biasanya selalu mengeluhkan tentang kolesterol yang ada di dalam diri masing-masing. Kolesterol atau lemak jahat yang hinggap ditubuh kita cenderung menyebabkan penyakit diabetes.

Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita.

Penyakit ini memiliki dua jenis utama, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

ndonesia sendiri termasuk dalam 10 negara terbesar penderita diabetes. Pada tahun 2013, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun (dikutip dari Federasi Diabetes Internasional). Tetapi kurang dari 50% dari mereka yang menyadarinya.

Apa Saja Gejala Diabetes?

Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal diabetes. Baik bagi yang berisiko tinggi maupun bagi yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat atau potensi mengidap diabetes.

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan banyak penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

  • Sering merasa haus.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Rasa lapar yang ekstrem.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.
  • Kelelahan.
  • Pandangan yang kabur.
  • Luka yang lama sembuh.
  • Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter. Pendeteksian sedini mungkin memungkinkan kita untuk mencegah bertambah parahnya kondisi diabetes kita.

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. Jangan beranggapan bahwa kita tidak membutuhkan kolesterol, zat lemak ini tetap kita butuhkan dan memang sangat penting untuk kehidupan, namun jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah kita, maka dapat merusak kesehatan terutama yang terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. Oleh sebab itu selain menggunakan obat penurun kolesterol, kita juga harus memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi.

Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. Jangan beranggapan bahwa kita tidak membutuhkan kolesterol, zat lemak ini tetap kita butuhkan dan memang sangat penting untuk kehidupan, namun jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah kita, maka dapat merusak kesehatan terutama yang terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. Oleh sebab itu selain menggunakan obat penurun kolesterol, kita juga harus memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia mendapatkan kolesterol dari makanan dan juga hasil metabolisme dalam tubuh. Hampir semua makanan mengandung beberapa lemak, yang merupakan sumber penting dari energi dan juga membantu untuk memproduksi hormon dan membangun sel-sel. Lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan terutama kadar kolesterol jahat, atau LDL, yang lebih tinggi. Terlalu banyak LDL akan membuat masalah pada pembuluh darah arteri. Lemak trans terbentuk ketika lemak terhidrogenasi, jenis lemak ini akan menjadi lebih buruk karena dapat meningkatkan kolesterol jahat sementara kolesterol baik menjadi lebih rendah.

Diet sehat dapat menurunkan kolesterol, tidak lupa diimbangi dengan olahraga yang cukup. Jika di dalam kelurga sudah menerapkan pola makan yang teratur serta diimbangi dengan gizi yang sehat pula,  tetap harus memahami dan mengontrol makanan yang masuk ke tubuh kita tentunya.

Anjuran makanan bagi penderita kolesterol yakni antara lain:

  1. Beras dan biji-bijian, tentunya beras merah yang mengandung serat yang tinggi
  2. Kentang, merupakan makanan bebas kolesterol 🙂
  3. Jamur juga bisa menjadi makanan bagi penderita kolesterol, asalakan tidak ada campuran bumbu berlemak atau berbagai kandungan yang memiliki unsur lemak.
  4. Ikan, jangan digoreng namun di panggang atau di kukus 🙂
  5. Tahu juga bisa menjadi makanan yang tepat untuk di konsumsi bagi penderita kolesterol.
  6. Kacang juga bisa menjadi makanan yang tepat untuk di konsumsi bagi penderita kolesterol namun tidak digoreng.
  7. Teh tanpa gula baik dikonsumsi untuk para penderita kolesterol atau diabetes, karena teh tanpa gula tidak ada kandungan yang manis atau penyebab diabetes 🙂